//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

27 June 2017

Ingat Mukena Ingat Elevenia, Berbagi Menjadi Lebih Mudah di Bulan Ramadhan


BERBAGI adalah magnet terbesar.


Berbagi tidak mengenal kasta dan usia. Artinya, bisa dilakukan siapapun, kapan saja dan dimana saja. Pernah dengar kan, bahwa membagi senyum itu sedekah? nah, begitu juga dengan nasihat atau bahkan berbagi hal hal lain yang bersifat materi. 



Saking indahnya, berbagi menjadi magnet terbesar. Bagaimana tidak? Dengan kamu menyodorkan satu cup es krim ketemanmu saat panas terik, bisa menjadi oase untuknya. Dengan kamu antarkan sepiring kue ketetanggamu, maka ia akan mengucapkan beribu ribu terimakasih meski dalam hatinya. Atau ketika kamu turun dari angkot, kamu bayarin temen kamu yang kebetulan turun belakangan.


Ingat, bahwa semua kebaikan sekecil apapun akan saling tarik menarik seperti magnet dan akan menjadi sebuah gaya gravitasi yang akan menahan dirimu menjadi ‘sesuatu’. Kamu akan menjadi ‘terkenal’ diseantero penduduk langit. Hari hari kamu akan dipenuhi doa dari orang yang kamu beri, kamu akan lebih disayang mereka yang merasa berhutang budi dan tentu saja, kamu sudah jadi teladan yang baik buat semua orang untuk melakukan hal yang sama. Begitulah, bahwa kebaikan bisa menjadi penyebab datangnya kebaikan kebaikan lain.

Jangan heran kalau suatu hari akan banyak kemudahan yang Tuhan beri, karena kamu juga sudah memudahkan orang lain. 


Dahsyatnya BERBAGI dibulan Ramadhan


Akhirnya, bulan Ramadhan datang juga. Bulan yang sangat spesial, setidaknya buat saya sendiri. Bagaimana tidak? Bulan ini adalah satu satunya bulan dimana kita diwajibkan berpuasa dari makan dan minum, menahan emosi dan menjauhkan diri dari segala hal yang dilarang. Tujuannya adalah agar kita bisa menjadi insan yang bertakwa dan siap menghadapi 11 bulan kedepan dengan bekal dari latihan latihan tersebut.


Tidak sedikit orang yang menjadikan bulan ini sebagai ajang untuk saling berlomba melakukan berbagai kebaikan. Karena, seperti yang dijanjikan Allah, bahwa setiap kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan akan dibalas dengan berlipat lipat. 


“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700x lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘kecuali puasa, karena puasa itu untuk Ku dan Aku yang akan membalasnya’” (HR. Muslim No. 1151). 


Takjil dan lemari kosong


Seperti yang dilakukan orang orang dikampung kami, setiap rumah diberi jadwal menyediakan takjil. Buat saya, 25 bahkan 50 bungkus selama bulan Ramadhan pun tidak masalah. Meski dalam proses pembuatannya, dua bocah balita kerap kali ikut ‘membantu’. Justru, ini menjadi momen belajar mereka agar lebih terampil didapur dan agar mereka lebih peka terhadap sesama soal berbagi.


Dari sekian jadwal yang ditetapkan ketua RT, ada satu hari dimana saya membuat nasi kotak. Nasi berisi lauk pauk dan satu jenis buah segar sebagai 'pencuci' mulut. Beberapa orang tetangga pun ikut membantu.

Ta’jil harus tersedia sebelum magrib tiba. Tepatnya setelah anak anak selesai mengaji. Seperti biasa, takjil diletakan disamping sebuah lemari kosong agar mudah dijangkau anak anak dan mereka yang mampir ke mushola untuk berbuka puasa dan melaksanakan shalat.
 
Mengemas nasi kotak untuk berbuka puasa di Mushola Al-Ikhlas

Mushola yang tidak seberapa besar gedungnya itu memang tergolong sepi dan kurang terurus meski setiap waktu shalat ada saja yang melaksanakan azan. Kadang saya mendapati pengunjung yang singgah, baik laki laki maupun perempuan.


Karena kurang terurus, perlengkapan pun seadanya. Sebuah perangkat sound system sederhana, meja kecil, termasuk mukena yang sejak dulu tidak bertambah atau berkurang. Sempat terdengar kabar, kalau mushola ini akan diperluas bangunannya agar bisa menampung jamaah banyak. Memanage lagi  kepengurusan dan melengkapi apa yang ada saat ini. Tapi, karena tersendat soal biaya, maka rencana itu terus tertunda sampai sekarang.




Saat bulan Ramadhan seperti ini, mushola cukup ‘hidup’. Terkadang, ada saja yang singgah untuk shalat atau menanti waktu buka puasa. Maka, mukena yang hanya satu satunya itupun menjadi andalan. Hm.. saya benar benar ingin sekali mushola ini menjadi tempat kegiatan rutin yang bermanfaat diluar waktu shalat. 


Satu hal yang menarik perhatian adalah lemari kosong melompong yang ada disudut ruangan. Hati saya tergerak untuk mengisinya dengan mukena mukena baru dan beberapa buku iqra. Hal ini untuk mempermudah jamaah terutama yang kebetulan singgah karena perjalanan. 

Lebaran kali ini pun saya hanya ingin membeli sebuah mukena baru untuk dirumah dan sebagai hadiah lebaran emak dan adik nun jauh di Bogor. 

 

Ingat mukena ingat Elevenia. 


Dulu, saya lebih suka bertransaksi secara peer to peer. Alias bertemu dan berhadapan langsung dengan penjual. Barang yang kita beli pun bisa dilihat bebet bobotnya. Saat toko online menjadi trending topic saya Cuma berpikir satu, RIBET! Ya, ribet karena saya harus beralih kesebuah perangkat yang mumpuni seperti android atau membuka PC desktop. Belum lagi harga kuota yang pastinya sangat mahal bagi saya waktu itu.


Seiring waktu, kesibukan pun semakin meningkat. Terlebih saat peralihan status dan mengurus 2 balita. 


Waktu menjadi semakin sempit. belanja sayur dan sembako menjadi kegiatan rutin 4 hari sekali. Saya tidak punya banyak waktu. Jangankan jalan jalan, untuk sekedar membeli mixer yang rusak pun saya harus menunggu waktu yang pas. 


Sejak mengenal Elevenia, saya mulai tergerak untuk mengulik. Sebuah android hadiah dari teteh pun menjadi pemicu semangatnya. Jadilah berbagai kesulitan saya terbantu. 


Segalanya menjadi lebih mudah. Kebayang dong, jika saya harus mengajak anak anak kepasar? Apalagi saat cuaca tidak bersahabat atau momen menjelang lebaran seperti sekarang.


Biasanya, H-10 menjelang lebaran pasar pasar dan mall akan dipenuhi pengunjung. Mereka rela berdesakan sepanjang jalan demi memenuhi kebutuhan lebaran. Seperti baju, kue kue hidangan lebaran dan lain lain. Belum lagi resiko kehilangan, karena tidak jarang momen seperti itu dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, saya memilih Elevenia sebagai pusat perbelanjaan online yang lengkap, praktis dengan harga terjangkau. 


Bagi saya yang sudah terdaftar, saya tinggal klik dengan memasukan nama user dan password. Saya hanya perlu klik sekali dan cari. Elevenia akan langsung menyajikan produk yang dimaksut berikut merk dan harga. Rencananya saya ingin membeli beberapa setel mukena dewasa dan anak dengan rincian sebagai berikut :


  1. Mukena Dewasa 5 setel : 3 untuk mushola, 2 lagi untuk hadiah yang akan saya kirim langsung lewat Elevenia ke Bogor. Satu untuk Emak dan satu lagi untuk adik saya. Jadi, mereka bisa pakai untuk shalat Id saat lebaran.
  2. Mukena anak 4 stel : 3 untuk mushola dan satu lagi untuk si sulung yang sedang belajar shalat.

Sebagai perangkat shalat, mukena juga memiliki kriteria agar layak dipakai. Selain tidak tipis atau tidak menerawang, mukena juga sebaiknya nyaman dipakai, adem dan tidak memiliki warna mencolok. Hal ini dimaksutkan agar kita atau jamaah shalat lain bisa lebih fokus dan tidak terganggu. 


Mukena Anak @100.000 bahan katun Jepang
Mukena Dewasa @89.300 setelah diskon 65%



Saya memilih bahan katun. Pertama karena bahan katun memiliki tekstur yang halus dan lembut. Bahan katun kuat, tahan lama, nyaman juga cocok dipakai disegala cuaca baik saat dingin atau panas terik. Dari segi perawatan, bahan katun tergolong lebih mudah dan karena terbuat dari serat alami maka tidak akan menimbulkan alergi bagi si pemakai.



Sama halnya ketika kita bertransaksi dipasar tradisional, memilih produk di toko online juga harus selektif. Mengingat banyak sekali produk yang ditawarkan. 


Sebagai salah satu market place terlengkap, Elevenia memberikan kemudahan untuk para konsumen. Salah satunya adalah dari fasilitas penyajian informasi, lengkap tentang toko dan barang yang akan dibeli. Perhatikan video berikut ya.






Mengenai cara pembayaran, lagi lagi Elevenia mempermudah. Selain dengan transfer Bank dan ATM, saya bisa menggunakan Internet Banking. Cara yang sangat praktis, hemat dan santai tentunya. Lagi lagi saya tidak perlu keluar rumah. Cukup sebuah smartphone plus kuota, token dan segelas teh hangat... hehe..


Selain cara cara diatas, metode pembayaran lain seperti Kartu kredit/ debit online, E-Money, Kreditplus dan Indomaret/Pospay juga bisa dilakukan. Nah... pembayaran lewat Indomaret juga seru nih, pasalnya Indomaret yang baru dibangun di lokasi Kabupaten Baru sudah beroperasi beberapa hari yang lalu. kebetulan, jarak dengan rumah juga tidak terlalu jauh. Bagaimana, Asyik ya berbelanja di Elevenia?. 




Selain dari mukena anak dan dewasa, saya juga ingin membeli beberapa buku Iqra dan Al-Quran. Selama ini, ada beberapa anak yang masih saling meminjam atau menggunakan satu buku Iqra atau Al-Quran berdua. Saya berharap, dengan adanya tambahan buku semua kegiatan menjadi lebih lancar di mushola ini.
Sebagai penutup, saya berharap agar apa yang saya bagikan nanti berupa bisa bermanfaat untuk semua orang. Terutama agar mushola kami bisa menjadi lebih makmur. Saya juga berterimakasi kepada Elevenia sebagai salah satu sarana berbagi terutama di bulan Ramadhan.  Untuk segala kelengkapannya baik dari sisi produk mulai dari A sampai Z dan segala kemudahan akses dan fasilitas. 


Oke, sampai sini dulu teman. Semoga tulisan yang diikutsertakan dalam lomba blog Ramadhan HEPI Elevenia ini bisa menginspirasi kita semua.

https://www.elevenia.co.id/lomba-blog


sumber gambar : elevenia




0 comments:

Post a Comment