//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

16 February 2017

CTS, Neuropati Yang Sering Dianggap Sepele



 

4 tahun yang lalu
Mengalami CTS pasca melahirkan adalah hal yang mengerikan buat saya. Seribu pertanyaan bergelayut, google pun menjadi sasaran pertanyaan demi pertanyaan. CTS(Carpal Tunnel Syndrome) adalah sindrom yang terjadi akibat adanya tekanan terhadap saraf medianus (saraf tengah) didalam terowongan karpal pada pergelangan tangan sehingga menyebabkan kesemutan, matirasa/kebas/baal dan kelemahan otot di tangan.

Nah, Fungsi dari saraf median ini adalah agar telapak ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah dari jari manis dapat merasakan sentuhan atau rasa. Selain itu, saraf median juga memberikan tenaga pada otot tangan untuk menjepit atau mencubit benda oleh ibu jari dan ujung jari-jari yang lain.

Mungkin saya lebay soal bersih-bersih. Menyapu dan mengepel rumah besar bertingkat dua sendirian setiap hari, dan menyusui bayi dengan posisi tangan kanan tertindih sepanjang malam.

Mula-mula, rasa tidak enak ditangan dan kesemutan diujung jari kerap kali muncul. Saya pikir biasa, tetapi lama kelamaan kebasnya merayap dan rasanya sakit! Saat malam tiba, telapak tangan terasa kaku dan seperti terbakar. Saat dikepalkan terasa bregemeratak. NGERI!!! Saya takut tulang-tulang jemari saya patah!! Sejak saat itu, selama 2 bulan lamanya saya sering menangis. Yang anehnya, sakit yang dirasakan hanya sekitar jari jempol, telunjuk, jari tengah dan sebelah jari manis. Sedang yang sebelah lagi berikut kelingking sama sekali tidak.

Dok. pribadi

 Kekuatan tangan kanan pun berkurang. Kebas kerap kali muncul saat menstir motor dan beberapa kali gelas terjatuh karena tangan tidak mampu menanggung beban.   Selama itu pula beberapa pekerjaan rumah tangga seperti menumbuk bumbu, memarut kelapa, mengucek ples memeras pakaian diambil alih oleh suami. (trims ya abi..)

Tidak pernah terbersit sedikitpun oleh saya untuk melakukan bedah karena hal itu 100% membuat saya takut, disamping biaya yang sangat mahal. Belum lagi bekas yang mungkin tertinggal pasca pembedahan.

sumber : google.com

sumber : google

Hayo... siapa berani menyepelekan setelah lihat hasil bedah diatas?

CTS adalah salah satu jenis neuropati. Banyak orang yang menyepelekan karena ia muncul perlahan dan tidak kita sadari. Rata rata orang berpikir, “ah Cuma kesemutan!”

Bukan hanya ibu rumah tangga seperti saya, tapi mereka yang bekerja dengan menggunakan komputer seperti mengetik, memegang mouse dengan posisi salah, terlalu semangat mengetik sms, bergadget ria, bermain Play station atau alat musik dan lain lain.
 
sumber : google.com

Selain faktor diatas, penyebab CTS bisa muncul karena faktor genetik,  cedera pada pergelangan tangan, Kehamilan, pekerjaan berat dan berulang-ulang dengan memakai tangan tanpa henti. Defisiensi vit B terutama vitamin B9/asam folat dan vit B12 sehingga pembentukan sel darah merah terhambat/Hb rendah. Kemudian kondisi medis lain, misalnya rheumatoid arthritis, diabetes.

Hari-hari yang dilalui dengan CTS sangat berat. Neuropati yang satu ini benar benar mempengaruhi aktifitas fisik dan psikologis keseharian. Untuk itu saya melakukan latihan-latihan kecil yang ternyata sangat bermanfaat terutama setelah melakukan pekerjaan pekerjaan pemicu CTS. 


sumber : google.com

sumber : google.com


Berbagai cara lain pun saya tempuh. Seperti banyak mengkonsumsi bawang putih, terapi air dingin dan panas. Mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti ikan, gandum, kacang-kacangan, beras merah dan susu.
Sejak mengalami CTS saya juga semakin sadar bahwa anggota tubuh punya hak untuk istirahat. So jangan lebay seperti saya, karena CTS bisa menjadi hantu neuropati yang siap menjelma kapan dan bagi siapa saja.



Neurobion sebagai  Sahabat Pahlawan Sejati, hadir untuk membantu kesehatan saraf tepi. Neurobion adalah kombinasi vitamin neurotropik (B1, B6, B12) yang dapat memperbaiki sel saraf tepi penyebab kebas dan kesemutan. 

Selain praktis dan aman dikonsumsi , Neurobion  adalah vitamin terpercaya dan telah direkomendasikan oleh dokter dan orang tua. Diproduksi oleh Merck, perusahaan farmasi Jerman terpercaya, jadi bisa dikomsumsi secara rutin. 

Nah buat kamu yang memiliki tingkat kesibukan tinggi atau sering berinteraksi dengan gadget seperti texting, social media, hati-hati! Jangan sepelekan gejala neuropati dan percayakan Neurobion untuk memenuhi kebutuhan vitamin neurotropik kamu. Jangan sampai kamu lalai dan kebablasan karena hal yang mungkin saja jauh lebih berbahaya akibat neuropati ini bisa terjadi.

Ayo kita #LawanNeuropati dengan Neurobion. Neuropati kabur, aktifitas pun tetap lancar.



Sumber data:
http://sarafsehat.com/lawanneuropati/
http://sarafsehat.com/ 




0 comments:

Post a Comment