//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

11 May 2017

Tips Jitu Beraktifitas Ala Ibu Rumah Tangga


Sejatinya, aktifitas adalah  serangkaian gerakan tubuh dalam melakukan suatu pekerjaan untuk tujuan tertentu. Setiap hari selama 24 jam, mahluk hidup melakukan beragam aktifitas. Tidak terkecuali, pada malam hari, tidur pun menjadi aktifitas yang dibutuhkan tubuh dalam rangka merehatkan badan. 

Banyak sekali jenis profesi seperti dokter, guru, direktur, supir, pramuniaga dan lain lain yang keseluruhannya melibatkan berbagai aktifitas dengan durasi yang berbeda beda. Jauh diluar sana, ada juga profesi yang tidak kalah utama, tidak kalah mulia dan padat jadwalnya, yakni Ibu rumah tangga. Ibu yang melahirkan generasi generasi berprofesi seperti diatas. 



Bagaimana tidak penting? 24 jam sehari setiap hari tanpa lelah lho..!

Saya adalah ibu dari 2 balita. Mengurus rumah sendiri sejak menikah tanpa asisten. Nih, saya coba bentangkan dalam tabel. Tetapi dengan catatan bahwa tabel ini bukan jadwal baku alias jam kerjanya bisa maju atau mundur sesuai kondisi. Jadwal dibawah juga diluar pekerjaan membersihkan pup anak yang bisa saja berkali kali. Menenangkan anak yang rewel, merawat anak sakit, belum lagi jika harus terbangun malam karena anak menangis dan masih banyak lagi. 

Tabel pekerjaan ibu rumah tangga 24 jam

No.
Jam Kerja
Jenis Aktifitas / kegiatan
1
05.00 – 07.00
- Bangun shalat subuh
- Masak sambil cuci piring (kadang belum selesai karena banyak)
- Memandikan anak
2
07.00 – 11.00
- Menyuapi anak anak
- Kadang lanjut cuci piring
- Mencuci  dan menjemur pakaian
- Berbenah (nyapu, ngepel dan lain lain)
3
11.00 – 12.00
- Bisa rehat sebentar, tiduran dan main dengan anak anak kadang sambil nonton televisi. Cek email atau cek pesanan di olshop, browsing dan sebagainya.
4
12.00 – 13.00
- Menyuapi anak sambil nonton televisi
- Shalat  zhuhur
5
13.00 – 14.00
- Membantu hafalan anak nomor 1 ( 4 tahun) sebentar lalu menidurkan anak. Sesi ini, saya masih bisa pegang smartphone untuk follow up pesanan atau sekedar membuat tulisan di blog.
6
14.00 -  15.00
- Terkadang sampai jam 3 sore lebih sedikit. Bisa rehat lagi tapi seringnya bikin panganan untuk anak anak dan suami. Lagi lagi cuci piring atau menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai
7
15.00 – 18.00
- Anak anak mandi dan makan sore sambil main diluar
- Angkat jemuran . Kadang menyetrika sambil menjaga anak anak dan menunggu magrib tiba.
8
18.00 – 20.00
- Shalat magrib bersama anak, mengaji, belajar sambil menunggu suami pulang
- Menyiapkan minum dan makan suami
- Shalat Isya
9
20.00 – 21.00
- Kalau beruntung masih bisa mengetik di komputer
- Menidurkan anak
10
21.00 – 22.00
- Menyelesaikan ketikan
- Tidur
 



Gimana, seru kan? Buat saya, menjadi ibu rumah tangga adalah karir yang ruarrr biasa... !! selain bisa menjadi seorang istri, ibu, koki, guru, perawat juga konsultan keuangan. Kendati demikian, saya tetap happy dan menikmati agar tetap awet muda. Untuk itu tips yang mungkin saya beri diantaranya adalah :

Disiplin, rapi dan cekatan
Beberapa kali berkunjung kerumah lain saya mendapati rumah mereka berantakan. Cucian menumpuk dan mainan berserakan. Perkakas ini itu juga tidak berada ditempatnya. Hemat saya, hal itu bisa dihindari Jika kita menerapkan sikap disiplin waktu. Memiliki jadwal tetap yang tidak boleh tidak harus ada seperti kapan anak harus mandi, makan dan tidur atau meminta anak untuk membantu merapikan mainannya. Malu dong, kalau tiba tiba tamu datang dan rumah berantakan...

Makan tepat waktu
Coba teman lihat tabel diatas. Saya tidak menuliskan kapan waktu saya makan karena memang jadwalnya yang tidak tentu. Tidak lain tidak bukan karena banyaknya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Untuk itu ada baiknya dipaksakan makan tepat waktu agar tidak pusing, gemetaran dan akhirnya pingsan. Pengalaman saya, jadwal di tabel jadi kacau dan rumah berantakan saat saya tidak berdaya karena sakit.

Sabar dan banyak berdoa
Ini poin paling penting ya, karena tanpa sabar dan doa maka emosi akan meluap luap, apalagi mengurus 2 balita yang masih kecil atau lebih. 

Berolahraga
Saya akui, saya memang kurang teratur dalam berolahraga tetapi dalam kesempatan tertentu saya menyempatkan diri untuk sekedar bermain badminton atau berenang bersama keluarga. Selain badan sehat, pikiran pun bisa lebih santai karena suasana baru.

Mengkonsumsi minuman penunjang kesehatan
Selain makan makanan bergizi, seimbang dan berolahraga, dalam beraktifitas sehari hari, minuman penunjang juga memiliki peran penting. Saya pribadi, adalah salah satu penggemar temulawak. Yuk, saya kenalin lebih jauh!


Temulawak merupakan salah satu tumbuhan obat berkhasiat asli Indonesia dan Malaysia. Sebagai ibu rumah tangga saya sudah cukup familiar dan sering memanfaatkan salah satu jenis temu temuan ini. 

Dari penampakan luar lebih mirip seperti kunyit ya? Menurut penjual setempat, temulawak ini bisa bertahan hingga setahun. Wow! 

Temulawak. (dok pribadi)
Jika dijelajah lebih dalam, temulawak memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah :

Kolaga Xanthorrhizol Minyak atsiri Kurkumin Glikosida Flavonoid

 
·       Dari beberapa kandungan yang disebutkan diatas, maka temulawak memiliki hasiat khasiat seperti mengatasi gangguan pencernaan, Memelihara Kesehatan Hati, Mengurangi Radang Sendi, Menjaga Fungsi Lambung, Menurunkan Lemak Darah, Mengobati Sakit Kepala serta masuk angin, Mengobati Sakit Pinggang, mengobati Sakit Maag, Sebagai Penambah nafsu makan, mengobati penyakit Asma, dan lain lain.

Bagi yang tidak terbiasa, meramu herbal sendiri adalah perkara yang tidak mudah. Apalagi, jika kamu tinggal didaerah perkotaan akan sulit mendapatkan komposisi lain sebagai campuran ramuan temulawak.

Beruntung saat ini saya tinggal di 5km dari kaki gunung merapi. Dimana mana masih banyak ditemui tanaman tanaman obat.


Tapi tidak perlu khawatir  karena saat ini temulawak sudah dikemas dalam saset berupa Herbadrink Sari Temulawak. Kamu bisa langsung nikmati dengan diseduh air panas atau dingin.

Selain membuat tubuh menjadi lebih bugar, Herbadrink Sari Temulawak bisa membantu menjaga kesehatan tubuh juga meningkatkan sistem imunitas. Dan dengan khasiat Sari Temulawak sendiri bisa membantu mengobati berbagai penyakit.
 
Sejak saya kenal Herbadrink Sari Temulawak, saya tidak lagi meramu temulawak secara manual atau berharap tukang jamu lewat. Saya menyediakan stok cukup banyak. Karena selain untuk pribadi juga untuk suami yang lebih banyak menghabiskan waktu diluar untuk berjualan. 


Acara nonton televisi, ngobrol bersama suami, teman teman atau saudara jadi lebih asik dan sehat. Selain menjadi minuman penunjang aktifitas dirumah, saya juga bawa Herbadrink Sari Temulawak dingin saat renang atau jalan jalan. 

Owh ya, 2 minggu terakhir ini saya juga lebih rajin latihan badminton dengan anak anak perumahan. Maklum, suami membelikan sepasang raket idaman. Berbekal Sari Temulawak dalam satu botol ukuran 500ml, saya sudah bisa menambah asupan cairan sehat nan menyegarkan kedalam tubuh. Praktis, higienis dan tanpa endapan karena Herbadrink Sari Temulawak diproduksi dengan teknologi tinggi.

Saya ingat sekali, dulu sebelum mengkonsumsi sari temulawak hampir setiap hari sekitar jam sembilanan asam lambung naik dan kerongkongan seperti panas (saya tutup mata ngebayanginnya). Benar benar tidak enak! Seiring waktu, maag saya berkurang. Otomatis pusing dan mual pun perlahan lahan pergi. 

Oke teman, mungkin itu saja sharing dari saya seputar Tips Jitu Beraktifitas Ala Ibu Rumah Tangga. Setelah kamu kepoin temulawak, kini saatnya giliran kamu mencoba...


 



0 comments:

Post a Comment