//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

16 November 2015

Bolu Kukus Coklat



Ada yang beda dari 4 gambar diatas? aha, tentu saja beda dari penampilan. Padahal resep dasarnya sama.

Setelah gue mengulik-ulik, mengingat-ingat beberapa tahun kebelakang gimana cara buat bolu yang enak dan yang pasti gak gagal. Akhirnya gue memutuskan untuk membuat rumusan sendiri. Hm, ini juga akibat banyaknya resep-resep di internet yang tentu hasilnya jadi beda-beda. Satu lagi, bahwa resep bolu kukus coklat maknyos ini gue bikin sesuai dengan loyang yang gue punya. Um, ukurannya gak ingat, kalau gak lupa, selepas pulang dari pondok mertua indah ini akan gue posting dibagian bawah.
Nih ya, bahan bolu kukus coklatnya.
- Terigu 100gr / 1 gelas. (gelasnya yang gue pakai buat bikin caramel. klik aja buat liat gambarnya)
- Coklat bubuk, 50gr alias 1/2 gelas. Gue pakai coklat vanhouten, biar kerasa banget coklatnya.
- Vanili cair 1 sdt
- Telurnya 4 yang besar untuk ukuran loyang yang gue pakai.
- Ovalet 1/2 bungkus / 1 sdt munjung
- Margarin / mentega 100gr / 4 sdm munjung, cairkan
- Gulanya, 100gr / 1 gelas aja yaks. Jangan manis-manis bisa diabet.
- Nah,... terakhir. Sebenarnya opsi aja, gue pakai ini biar tambah sedap je.... yakni susu bubuk full cream 2 sdm, coklat pasta 3-5 tetes supaya warna coklatnya agak pekat.

Cara buatnya :
1. Sambil menunggu air dilanseng panas, kita olesi loyang dengan mentega dan taburi tepung terigu.
2. Kocok gula, ovalet/tbm dan telur sampai putih dan kaku.
3. Then, masukan terigu, mentega, coklat, pasta dan susu bubuk. Berurutan,jangan sekaligus. Kocok dengan tingkat kecepatan mixer yang paling rendah.
4. Yep, setelah tercampur sempurna, masukan adonan ke loyang dan kukus. cek dengan lidi ya, kalau lidi kering berarti bolu kukus minta diangkat. hehe...

hasilnya adalah gambar nomor 1. kita bisa kreasikan dengan memberikan coklat batang yang sudah dilelehkan seperti gambar ujung kanan atas, diberi selai diantara 2 tumpuk bolu, atau cream, seperti kue tart.

Buat bikin cream nya, gue pakai :
- mentega putih 125 gr.
- tepung gula (selera) / gula pasir yang dicairkan. pakai opsi terakhir cream akan lebih wangi...
- susu kental manis secukupnya, asal jangan sampai cream terlalu encer.

Cara buatnya,semua di kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga lembut dan tercampur rata, setelah itu siap untuk dikreasikan.

Gue rasa cukup dulu ya resep bolu kukus coklatnya, kita ketemu lagi diposting berikutnya. caw!

0 comments:

Post a Comment