//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

16 November 2015

Karamel / Sarang Semut

Kalian tau kue Karamel alias kue Sarang Semut ? itu loh, yang mirip bika ambon. Tapi jelas dari rasa aja udah beda banget. Kali ini, gue pengen menjelajah makanan tradisional, nah yang ini, rasanya emang bener-bener
enak, lembut dan bikin ketagihan.

Karena ini pengalaman pertama, makanya gue cari resep yang mudah dan simple demi meminimalisir kemungkinan gagal. Akhirnya, ketemulah situs yang gue coba resepnya kemarin. Klik disini buat yang mau baca resep asli.

oia, karena timbangan kuenya gak
ni dia gelasnya
ada disini dan gak punya gelas belimbing, akhirnya gue pake gelas seadanya. Disini gue juga konversi ukuran ke gelas supaya memudahkan bagi yang nggak punya timbangan kue.

Bahan karamel:
- 300 gram gula pasir (2 gelas belimbing) 
- 250 ml air panas (1 1/2 gelas belimbing) 
- 200 ml air dingin (1 gelas belimbing) 

Bahan lainnya:
- 200 gram atau 1/2 kaleng susu kental manis
- 70 gram mentega/margarine (3 1/2 sendok makan)  
- 5 butir telur ayam
- 1 sendok teh vanila ekstrak  atau 1 sendok teh vanili  bubuk 
- 1 sendok teh baking powder
- 2 sendok teh baking soda kue 
- 220 gram tepung terigu serba guna (2 gelas belimbing)

Cara buatnya : 
1. Pertama, masak gula pasir dengan 2 sdm air.
 Jangan diaduk, dan biarkan meleleh sampai menjadi karamel. Inget ya, api nya kecil... aja. Biar gak gosong. Pada tahap ini gue bener-bener ekstra hati-hati dan sabar. Maklum biasanya pengen yang super fast. 
Setelah semua larut, berwarna kuning kecoklatan, campur dengan air panas, aduk sampai tercampur rata. Matikan api lalu campur air dingin. Biarkan dingin dan sipp... karamel udah jadi..

2. Sambil nunggu langseng panas, kita buat adonan yaks! Kocok susu sebentar. Oia, gue pake mixer dengan kecepatan 1 atau 2
Maklum, kalo pake tangan pegel... lalu masukan mentega, kocok lagi sebentar, telur satu persatu, kocok hingga berbuih. Diikuti soda kue, baking powder, terigu dan terakhir karamel. Karena sudah baca keseluruhan artikel di justtryandtaste saya gak kaget pas liat adonan encer. Karena biasanya bikin bolu yang adonannya kental banget. 

3. Okeh, adonan beres. Sekarang kita taruh diloyang yang sudah dioles mentega dan dilumuri terigu. Karamel ala gue kali ini adalah karamel kukus. Sekalian uji coba dan kebetulan oven ada di rumah kontrakan. Heheh...

4. Tunggu beberapa menit. Cek adonan, dengan
menusuknya pakai lidi. Kalau kering berarti karamel sudah matang. Hm... wanginya...

Taram.... inilah hasilnyah kawans semuahh... sajikan dingin lebih enak, kenyal, manisnya pas dan yang pasti bakal terngiang-ngiang tuh jaman batu, eh jaman dulu.... selamat mencobah yah...






0 comments:

Post a Comment