//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

16 December 2015

Eksperimen Resep (Donat)



Yeay, sebelumnya muakasiyy buanget sama camera 360. Lumayan, bisa ngedit poto jadi thumbnail begindang. Nah,
kali inihh... gue mau coba share tips bikin donat. Tepatnya a la gue. Hehe... Alhamdulillah 2x berturut-turut adonannya ngembang.

Sebenernya masih banyak rahasia yang gue belum tau.  Tapi dengan ngembangnya adonan, udah cukup ngebuktiin kalau penelitian gue cukup berhasil. Hahagh... gitu juga roti goreng. Sama lah, dua jenis makanan yang kudu ngelewatin proses fermentasi ini emang bikin orang pe na sa ran!  kalau gagal bikin kueaellll...

Nah, pertama soal terigu. Emang ada bener juga kalau baiknya kita pake tepung terigu dengan protein sedang keatas. Kek misal Segitiga Biru dan Cakra Kembar. Gue rasa-rasa tuh pas nguleninnya, lebih cepet kalis, mungkin karena teksturnya yang lebih halus. Nah, menurut artikel yang gue baca juga, terigu dengan protein rendah emang bukan buat kue dengan proses fermentasi tapi buat goreng menggoreng dsb... Jadi buat hasil lebih baik, patuhi aturan yah! hehe...

Kedua, bab telor. Baru tau, setelah baca kulineri.com, kalau donat cuma pake kuning telur aja. Katro dah ah ah... Udah gitu supaya hasilnya empuk tiap 100gr tepung terigu ditambah 1 kuning telur.

Ketiga, pasal mentega dan garam. Sebenarnya ngeriii dan dilema ngasiin ke adonan, karena menurut beberapa sumber garam ternyata menekan kerja fermifan. Hasilnya bisa bantet. Maka dari itu setelah adonan kalis bener baru mentega dan garam masuk antrian.

Selain tiga poin diatas adalah cara menguleni yang bener-bener harus kalis banget, ampe gak lengket n kayak karet kalo ditarik, baik sebelum atau sesudah margarin n garam dicampurin.

Entah mitos apa bukan, katanya si, suhu udara berpengaruh. Jadi adonan gak ngembang kalau udara panas atau dingin. Lebih disarankan dalam kondisi hangat tapi lembab.  Hayoo gimana coba..?

Pengalaman, kalau takaran bahannya pas, nggak sampe dua  jam udah ngembang. Dan salah satu Ok, tips yang gue tau itu dulu aja, next adalah bahan-bahan donat saia kemarin:

- Terigu 1 kg merk segitiga, kalau ada duit beli cakra yah!
- Telur 2 butir
- Fermipan 2 sdm aja
- Susu bubuk full cream 60 gr (2 saset dancow bolelaa)
- Gula, selera. gue pake 1/2 gelas
- Air secukupnya
- Mentega 3 sdm
- Garam

Cara Buatnya :
1.Masukin tuh terigu, telur, fermipan, susu bubuk dan gula. Aduk-aduk sampe rata.
2. Masukin air dikit-dikit sampe kalis banget.
3. terakhir masukin mentega dan garem (nah sesi garem ini yang bikin gue deg deg an. Semula mau masukin garem setelah ngembang)
4. Diamkan beberapa menit.
5. Cetak dan goreng.

hasilnya empuk tapi pas udah dingin rada kuerass >_<

Besoknya nyob pake kentang rebus dengan sedikit perbedaan jumlah bahan.

- 1/4 terigu segitiga / cakra kembar
- Kuning telur 2
- Fermipan 1 sdm
- Mentega 1 sdm
- Gula selera rakyat
- Susu bubuk full cream. Kemarin gue pake dancow saset (27 gr)
- Garam
- Kentang 4 buah yang kecil-kecil

Cara buatnya :
1. Rebus kentang, lumatkan
2. Campur dengan terigu, telur,fermipan, susu bubuk dan gula hingga tercampur rata.
3. Campur dengan air sedikit demi sedikit sampai kalis banget.
4. Masukin mentega dan garam
5. Diamkan sampai mengembang
6. Cetak dan goreng

Nah..... rebesss !!


0 comments:

Post a Comment