//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

09 September 2017

Umbul Ponggok, Destinasi Wisata Snorkling Paling Keren di Klaten



Keinginan yang memudar

Terus terang, sejak dulu saya ingin sekali ke Bunaken atau Karimun. kabarnya disana terkenal dengan keindahan alam dan laut. Tapi apa daya, sampai saat ini kurang lebih 5 tahun tinggal di Klaten, saya belum juga berjodoh dengan dua tempat itu.

Kebiasaan saya dan keluarga adalah mencari tempat refreshing yang murah meriah. Seperti ke daerah persawahan, candi candi kecil atau sekedar jalan jalan keliling dengan motor kesayangan. Jadilah pada pertengahan 2013 lalu kami singgah disebuah tempat wisata kolam renang bernama Umbul Ponggok.

Saya pikir, umbul ini sama dengan umbul umbul lainnya, yakni sebatas tempat berenang. Tetapi TERNYATA... oh tidak! Saya seperti menemukan HIDDEN PARADISE... yah, ini sih tempat yang saya idam idamkan sejak dulu. Saya baru sadar ketika disitu ada lapak sewa alat renang dan menyelam. Seperti snorkel dan pelampung.   

Jika dilihat dari atas permukaan air, mungkin tampak biasa saja. Ini yang membuat saya penasaran ingin segera nyemplung. Saya ingin membuktikan, apa benar didalam sana sekeren orang orang yang ‘mendarat’ dengan perangkat menyelam, lengkap dengan kamera under waternya.


Dokumentasi pribadi.


Alamak.... beta tidak akan bisa lupa ini semua...!!! pekik saya dalam hati. Tidak sia sia juga perjalanan kami saat itu. Tampak suami dan anak anak juga menikmati air yang bening dan dingin seperti dilaut. Sayangnya saat itu saya tidak mendokumentasikan ekspresi kegirangan saya sebagai 'penemu' surga tersembunyi yang kesekian.
 
Snorkling perdana yang begitu fantastis membuat saya berpikir, apakah saya tetap merindukan tempat tempat wisata air sejenisnya. Hm... sepertinya saya sudah merasa cukup, karena semua sudah terbayar oleh keindahan bawah air Umbul Ponggok. So pasti, sebagai orang yang sudah resmi menjadi warga Klaten saya merasa bangga dan ingin mempromosikan Umbul Ponggok sebagai wisata snorkling paling top di Klaten.




Akhirnya, saya dan keluarga jadi rutin ke Umbul Ponggok. Why ?

Buat saya, khususnya. Umbul Ponggok mempunyai daya tarik besarrRR.. tapi. Ada tapinya. Umbul Ponggok juga wisata murah meriah. Bayangkan saja, hanya dengan tarif Rp. 15.000 per orang, kamu sudah bisa masuk berenang sampai jam 5 sore. Kalau mau lebih lengkap kamu bisa bayar Rp. 30.000,- saja. Dengan tarif sekian kamu akan dapat tiket masuk, snorkel dan pelampung (terutama yang belum bisa berenang ya).

Untuk bisa sampai lokasi, saya hanya perlu naik motor kurang dari 15 menit. Maka dari itu saya dan keluarga bisa sampai 2 minggu sekali berkunjung. Selain buat refreshing, berenang sendiri adalah olahraga menyehatkan tentunya.

Saking seringnya, saya jadi akrab dengan salah satu warung langganan disana. Jangan salah, warung warung yang berdiri di pinggiran Umbul Ponggok menjual makanan dan minuman dengan harga ekonomis. Kamu masih bisa temui gorengan seharga Rp. 500,- atau Rp. 2000,- dapat tiga. Belum lagi menu menu lain sebagai penghangat badan sehabis menyelam. Arrghh segarnya....

Umbul Ponggok sejak dulu kala.

Umbul umbul memang berbeda dengan kolam renang biasanya. Kolam air di umbul umbul tidak terbuat dari keramik tetapi bebatuan yang saya yakini membuat air jernih karena bersirkulasi secara alami. Umbul umbul sendiri artinya mata air. Kalau kamu menyelam, kamu bisa temui mata air itu di satu bagian dasar kolam.

Usut punya usut, keberadaan umbul ini sudah ada sejak jaman Belanda. Dahulu, umbul ini digunakan sebagai penampungan air dan kebutuhan pabrik pabrik gula yang sudah bangkrut bertahun tahun lalu. Nah saat ini, oleh masyarakat Umbul Ponggok disulap jadi wisata snorkling yang pasti diminati banyak orang.

Buat kamu yang jago berenang, bisa mencapai kedasar air hingga kedalaman 2, 6 meter. Disana kamu bisa lihat ribuan ikan warna warni, bebatuan dan hamparan pasir. Semakin dalam semakin jernih, semakin indah... banget! duingin...!!

Jangan aneh, jika saat menyelam kamu menemukan  sepeda motor, mobil, televisi dan berbagai benda lain. Bukan sengaja dibuang loh ya... Hehe... Semua itu tidak lain tidak bukan adalah properti yang bisa kamu gunakan untuk photo selfi.  Maka dari itu, bawalah kamera air atau  kamu bisa menyewa disini. Dengan uang 60.000 kamu bisa ambil gambar sepuasnya selama 30 menit plus dipandu seorang photographer.

Kalau saya sih, cukup dengan smartphone dilapisi pelindung anti air ya guys... disamping peralatan renang yang saya beli secara bertahap. 

Dokumentasi pribadi  Ini alat menyelam saya, tas kecil hijau itu dompet anti air.
 
Berikut daftar harga yang saya cuplik dari situs umbulponggok.com beserta hasil jepretan photo preweddingnya. 




Hasil dari photo prewedding di umbul ponggok. gambar diambil dari umbulponggok.com

Wow, fantastis dan menarik bukan? Kamu pasti bangga dan seneng deh majang photo prewedding kamu seperti dibawah laut.

The next question. “Iya, kalo lo tinggal ngegas dan sampe. Gimana kalau rumah gue diluar propinsi atau pulau?”

Jawabnya, mudah. Kan, ada tiket.com. tinggal  didaerah Jawa Barat, Aceh, kalimantan, Papua atau dimanapun dari Sabang sampai Merauke semua bisa sampai ke Umbul Ponggok yang beralamat :

Jl. Delanggu- Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474, Indonesia

Fasilitas tiket.com yang mumpuni dilengkapi dengan berbagai penawaran menarik. Disini kamu bisa membeli tiket sesuai tujuan perjalanan  kamu. Tiket pesawat, kereta atau sewa mobil yang terhubung ke 36 vendor di lebih dari 40 kota. Selain itu kamu bisa beli tiket hotel atau melirik dulu event dan atraksi di web tiket.com sebelum kamu tentukan kemana akan berlibur. Pastinya dengan kerjasama tiket.com kamu akan dapat banyak sekali berbagai promo dan potongan harga menarik. Jadi bisa lebih hemat lagi.
 
Halaman depan, jika kamu buka situs tiket.com di PC.
 
Sekedar contoh ya, semisal kamu berangkat dari Jakarta, Pasar Senen ke Klaten dengan kereta api.

Halaman Event dan Atraksi. Nikmati berbagai promonya ya...

Selain itu, kamu tidak pelu khawatir soal keamanan, karena adanya Jaminan Pembayaran Online Aman & Mudah. Layanan full tanpa libur alias 24 jam selama 7 hari dan akan lebih hemat lagi karena bisa menggunakan Tix Point (poin yang diberikan tiket.com apabila kita melakukan transaksi di tiket.com untuk produk pesawat, hotel dan sewa mobil. Mengenai cara penggunaannya kamu bisa klik disini ya.

Daripada bawa bawa PC mending kamu download app nya di smartphone kamu.

 

Oke, cukup mudah kan? Kalau kamu tidak mau ribet, kamu bisa donlot app tiket.com ke smartphone. Jadi kamu bisa kapan dan dimana saja melakukan transaksi di tiket.com.

Jadi, ayo rencanakan pergi ke surga! Surga tersembunyi di Klaten yang bernama UMBUL PONGGOK. Jangan lupa, buat yang pesan tiket perjalanan di tiket.com, pesan juga tiket hotelnya. Atau kamu bisa singgah dirumah kami tercinta.










sumberdata dan gambar : 
  1. umbulponggok co.id 
  2. umbulponggok.com
  3. tiket.com

0 comments:

Post a Comment