//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

16 April 2016

Pandan Chiffon




Semakin kita banyak latihan memang membuat kita semakin mahir. Meski kadang, kalau badmod melanda hasil kue bisa jadi berantakan. Saya juga begitu. Makanya, setiap mau membuat kue terutama resep baru, harus menyiapkan hati dan menyesuaikan dengan kondisi. Jangan sampai karena pikiran kacau atau hati tidak tenang, membuat adonan salah. Atau
ketika hasilnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan, kita jadi uneg uneg dan hal lain jadi sasaran.

 
 




Kalau saya pribadi, membuat kue gagal kepala akan jadi pusing. Bertanya sampai puluhan kali. Kenapa? apa yang salah sih? gak heran kalau pada hari yang sama saya membuat beberapa resep yang sama dan akhirnya gagal lagi. Tau kenapa? itu karena keingintahuan yang terlalu besar ples suasana hati yang tidak tenang, kacau balau karena kue gagal. Padahal kalau dipikir-pikir, semisal saya berhenti ketika gagal di percobaan pertama dan saya searching lagi... mungkin pada percobaan kedua saya bisa mendulang sukses. hehe,.. yah meski resikonya say nggak bisa tidur tenang. Tapi setidaknya ada cooling down, koreksi kesalahan dengan searching tips.





Nah, kali ini soal chiffon cake. Waktu awal liat gambarnya saya pikir cuma bolu biasa, saya pikir, "ah, bolu mah kecil" haha... usut punya usut setelah lihat gambar-gambarnya yang aduhai ternyata testimoninya macam-macam. Mulai dari yang chiffon lengket diloyang, over mixing, sampai hasil yang hancur-hancuran. Lalu setelah saya baca resep benar-benar ternyata proses pembuatannya beda banget. Jadilah Google beritahu bahwa bolu yang saya buat selama ini tergolong sponge cake. Adalagi butter cake, pounde cake dan si cantik chiffon cake yang akan saya sharing resepnya dibawah ini.

Kebiasaan saya sebelum membuat resep baru sekarang adalah googling berbagai sumber berikut testimoni dan tips nya. Demi menghindari syndrom caky blues. Haha,... sebutan saya begitu. Saya biasa ngunjungi JTT. Situsnya ibu Endang yang kaya resep, tips dan trik. Dengan puluhan komen seputar pertanyaan resep bersangkutan. Atau Just the ordinary kitchen, web miliknya mba Rikeu dan tentunya cookpad, yang apl androidnya udah sewa space micro sd saya.
Saya sendiri, udah 3x buat chiffon cake. 2 diantaranya rasa pandan dan satu lagi original taste. Cie...  Senang rasanya, chiffon perdana saya berhasil sempurna. Lembut dan wangi. Dibawah ini saya mau bagiin resep Chiffon yang terakhir dibuat. 



Pandan Chiffon Cake 
- Bahan A:
- 7 butir putih telur
- 75 gr gula pasir
- 1/2 sdt soda kue
- 1/2 sdt Cream of TarTar

- Bahan B:
- 7 butir kuning telur
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 25 gr gula pasir

- Bahan C:
- 120 gr tepung terigu (all purpose flour)
- 20 gr meizena
- 20 gr susu bubuk
- 1/2 sdt Baking Powder
Semua dalam bahan ini di ayak/aduk sampai rata.

- Bahan D:
- 100 gr minyak goreng
- Pandan Pasta secukupnya
Cara buat:
1.        Kocok Bahan A sampai mengembang dan putih, tandanya jika di balik tidak tumpah, sisihkan.
2.        Kocok Bahan B sampai mengembang dan pucat, jika sudah mengembang matikan mixer.
3.        Masukan Bahan C sedikit demi sedikit ke dalam Bahan B dan bergantian masukan Bahan A, aduk perlahan dan tuang kembali sisa adonan sampai adonan habis.
4.        Lalu aduk adonan perlahan-lahan dengan mempergunakan spatula sampai adonan tercampur dengan rata.
5.        Aduk adonan dengan methode aduk balik (FOLD) sampai adonan benar-benar tercampur rata. Bisa juga mempergunakan mixer dengan kecepatan rendah), jika tidak yakin jangan mempergunakan mixer.

6.        Terakhir masukan Bahan D, aduk kembali sampai warna hijau dari Pandan Pasta tercampur dengan merata. Juga minyak tercampur dengan baik, tidak mengendap di bawah.
7.        Masukan Adonan dalam loyang bongkar pasang, kira-kira dengan diameter 22-24cm. Kemarin saya pakai loyang yang bukan bongkar pasang jadi bagian bawah saya oles mentega sedikit diameter 20.  Hasilnya penuh.
8.         Setelah matang, keluarkan loyang dan balikan. karena loyang tidak berkaki saya pakai botol untuk mengganjal. Yang hebatnya percobaan ketiga ini, chiffon lepas sendiri, untung ketahuan. 

0 comments:

Post a Comment