//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

17 November 2011

OP oh OP ... !!

Hari ini dibuat melongo sama operator yang jorok ,ngasal dan gak excellent service banget. Gua ngarti dah gaji operator itu emang kaga seberapa, tapi kuduna dia merhatiin yang namanya kebutuhan user. Harusnya dia ikut seminar bo!

om gugel punya gambar



















Part 1 :

Jadi ceritanya pas gue datang mau ngeprint. Gue tanyalah berapa harganya. Trus dengan hanya satu lirikan dan kembali fokus pada kerjaan (sebenernya sih bukan kerjaan tapi dia lagi eFBe an) dia Cuma jawab, “seribu” well, dalam hati dah mulai muncul perasaan gak enak. Kalau gak mikir terdesak gue lebih pilih pindah warnet.

Part 2 :

Setelah gue kasi FD gue, dia langsung konekin ke kompinya. Keliatan deh malesnya. Klik, klik (suaranya kasar! Entah dianya atau emang mousenya yg dah gak bersabahat. Belum lagi pencet ini itu yang bunyinya juga gak sedikit bikin males ngedenger. Sementara mata menyapu bersih keadaan sekitar yang jelas gak akan bisa bikin bersih warnet kumuh itu. Monitor kummel, lantai bla la bla. Apalagi pas ada orang tanya,

User     : “Mba kompi yang ini bisa?”

OP       : “Bisa tapi usb nya gitu deh!”

User mulai cemberut

User     : “Yang ini?” (dia tunjuk yang lain)

OP       : “Bisa tapi monitornya suka rubah jadi kuning gitu”

User dah mulai kecewa berat. Dan akhirnya dia minta tunjukin komputer yang layak pakai. Gue cuma geleng-geleng kepala. Dan selesailah acara loading buka file word bersamaan dengan diskusi mereka tadi, kebayang gak sih lemotnya tuh kompi??? Yaiyalah, kompi jadul gitu diinstall word 2010, nyesek yang ada!

Part 3 :

Dia tekan CTRL P, menunggu lagi, dan udah lama-lama malah salah page. Tekan lagi CTRL P, nunggu lagi baru deh yang ini bener. Lega… tapi… dia belum beres juga bikin gue melongo dengan kerjaannya yang ngasal. Ternyata printernya kaga narik kertas. Diambillah oleh si OP beberapa lembar. Terus kertasnya ditaruh asal dibawah, (padahal kan sayang masih bagus-bagus! Dijepit lagi!) hadeh… then printernya narik kertas tapi kusut. Ditarik lagi ma dia! Saat itu gue udah ngeringis, ngebayangin head printernya rusak. Grr… jorok amat se… bunyinya bising, kasian deh tuh printer!

Part 4 :

Perjuangan dia selesai juga dan itu berarti gue juga tenang… tinggal bayar dan go out dah! Tapi yang bikin gue terkejut, dia seenaknya aja cabut FD gue tanpa di unplug. Reseee!! Kenapa sih gak sesuai prosedur aja?! Kalau gak bisa baru deh gue rela tu FD dicabut tanpa eject. Gerah!!!

Part 5 :

Cabut !

Kejadian ini wat pelajaran aja deh! Tapi kalau diinget-inget justru  jaman gue jadi OP itu bener-bener dihindari semua hal demikian. Alhamdulillah karena gue banyak belajar dari seseorang, meski terbilang kecil baik dari segi skala warnet atau gaji, baiknya sang operator punya tanggung jawab moral yang tinggi. Karena memang itulah tugasnya. Apalagi kalau nanganin pertanyaan-pertanyaan seputar troubleshooting, software dan lain-lain. Banyak belajar tentang hal-hal yang berkaitan dan mencari jawaban yang kita tidak bisa jawab dari user, toh kita bekerja di dunia maya yang didalamnya tersimpan banyak informasi. Kalau gak tau cobalah searching!

Ramah juga hal yang gak boleh diacuhkan. Meski maaf, lagi bad mod misalnya atau OP cewe yang lagi “M”. kudu super sabar, karena gak semua user itu kalem kaya aer… ada yang cerewet dan bla bla bla. Percaya deh mereka akan balik lagi dan lagi meski ada kekurangan di warnet yang kita jaga. Apalagi kalau kita banyak basa basi (nggak pake busuk) dan gak sungkan minta maaf kalau ada salah sekecil apapun.

Hal lain adalah kebersihan dan kerapihan. Orang bakal seneng liatnya. Bukan hanya meja operator, client tapi juga penampilan. Oiya, jangan terlalu komersil jadi OP! dikit-dikit duit, dikit-dikit duit. Hahaha!

Jadi OP harus kreatif and punya ide cemerlang. Jadi OP harus ramah, informatif, uptodate dalam berita (jangan gossip yah!), Jadi OP sebaiknya lebih tau dari user, kalau gak tau cari tau dan belajar. Jadi OP harus punya jiwa service excellent yang baik dan marketing yang super. Gak manfaatin user dan punya kepedulian. Dalam arti, tau dan berusaha mencari tau kesusahan user terhadap hal yang bersangkutan. Ibarat guru, jadi OP juga harus bisa membimbing dan sabar. Begitulah kira-kira.

Oya, pernah juga waktu itu gue protes sama yang jaga warnet (warnet lain neh ceritanya) gini kata gua : “mas kok ini lambat banget sih loadingnya?” apa jawaban yang baik kawan? Harusnya dikasi alasan yang masuk akal, missal gak ngerti casenya minimal si user kan bisa tenang, atau kasi aja diskon! Tapi dia malah jawab “ Ya mba kalau mau cepet pasang internet aja sendiri!” ????????””””:::$#%$%&^%^*&^^ NGACOPISAN.COM

om gugel punya gambar

0 comments:

Post a Comment