//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

12 September 2010

Najib Kailani - Bayang Bayang Hitam

Keruntuhan banyak negara sering disebabkan oleh kekacauan dari dalam; salah satu penyebabnya adalah pengamalan ajaran agama secara sempit yang diubah menjadi corong kekuasaan, kemudian dipraktekkan secara membabi buta.


Hal ini tergambar dalam alur novel sejarah kemelut di Ethiopia karya dr. Najib Kailani (1931-1995) ini. Kita dapat menyimak eksplorasi psikologis yang mengalir dalam penuturan dan gaya narasi yang memukau, yang telah mengibarkan nama sastrawan, intelektual, dan aktivis dakwah Ikhwanul Muslimin berdarah Mesir ini sebagai salah satu seorang penggagas sastra Islam modern.

Serius gue suka buku ini. Hm... strategi perang yang keren! Dalam buku ini di paparkan tentang penghianatan, pengorbanan dan seluruh alur dalam buku  yang mengharu biru. Subhanallah, meski Iyasu, tokoh utama yang akhirnya mati tapi kita gak ngerasa kecewa. Justru gue merasa dia hidup terus, karena kematiannya sekalipun tetap membuat musuhnya gentar.

Diakhir cerita, Iyasu dihukum mati. Tapi bibirnya tetap tersenyum karena sebelum mati ia mengucapkan dua kalimat syahadat. Hal ini membuat Haile Selassie tenang dan kebenciannya hilang. Tapi ia menangis. Menangis karena merasa sebagai orang yang lemah.  Berikut penggalan kalimatnya saat Haile Selassie ditanya salah seorang yang terdekat dengannya:

"Karena aku merasa bahwa aku adalah orang lemah. Aku telah membunuh Iyasu, tapi aku masih takut padanya. Aku merasa ia menghina dan mengejekku. Dia melihat kearahku seakan aku anak kecil yang bodoh yang sedang bermain api. Kenyataannya ia belum memadamkan api yang menyala di dadaku. Senyuman pucat mayat itu menunjukan ejekan dan penghinaan yang pahit bagiku...."

Hm... andai kisah ini benar2 nyata, maka gue berdoa agar kematian syahidnya mendapat balasan, yaitu surga Allah.

note : Buku ini bener-bener T O P  B  G T.

note lagi : Sayangnya gue kok gak nemuin poto pengarangnya ya?? ada yang punya? kasih link nya dunk...

4 comments:

  1. bukunya bisa kita beli dinama y??
    q gi nyari buku ni...

    ReplyDelete
  2. buku ini didapat waktu pameran buku di senayan. Buku obralan yang bermutu terbitan serambi. stock nya banyak dan sepertinya tahun ini jika ada pameran lagi insya allah ada. kalau nggak coba telp ke serambi nya, untuk no telp bisa hubungi situs serambi.. maksih dah berkunjung ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, masih punya buku bayang bayang hitam nya tidak ? Saya mau beli... atau pinjam buat foto copy, urgent nih

      Delete
    2. Masih ada mas, tapi di bogor. Hehe... udah cari ebooknya?

      Delete