//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

22 September 2010

Marketing is part of our life.

Pernah ngerasa seneng karena pelayanan ramah penjual? Atau… service lain (wew, gue ngomongin yang positif yah!). Hm… gue ketik ini karena pas isi bensin di POM tadi dilayani sama petugas cewe yang ramah banget, informatif dan gak pelit senyum. Gue kasi award deh.
Belon lagi waktu bulan puasa kemarin, padahal waktu itu cuacanya panas banget! Sumpe deh gue aja kaga nahan, mana macet dan banyak yang parkir gak karuan. Tapi dengan senang hati petugas parkir angkat sana angkat sini. Salut! Gak tega deh ngasih seribu juga.

Pelayanan ramah emang kudu banget apalagi buat yang punya usaha sendiri baik retail atau jasa. Yeah, inget mas guruh dan almarhum abang gue yang dapet sertifikat service excellent dari kantornya. Belum lagi pelatihan di BPR syariah dulu,di warnet trus di perusahaan sekarang, dimana semua menekankan tentang pelayanan. Gimana cara kita menyikapi semua tipe pelanggan. Apalagi, semisal kalau mereka dah cerewet trus gak jadi beli pula!

[gallery link="file" columns="4" orderby="title"]

Sebenernya belajar marketing itu menyenangkan. Selain cara memajukan perusahaan, atur strategi sampe pada topik yang lagi gue bahas. Hm… meski sementara orang banyak yang masih berpikiran sempit soal marketing. Yah, gak sedikit yang mengindentikan marketing dengan pekerjaan lapangan macam salesman/girl. Padahal boleh dibilang marketing itu juga ujung tombak perusahaan. Kalau gak ada marketing bakal bangkrut kali!

Dulu, gue juga berpikiran sempit. Tapi ternyata apa yang gue lakuin semua berbau marketing. Apalagi kalau wawancara kerja. Abis-abisan deh ‘jual diri’. Hahaha… hebat juga ternyata. Belajar dan belajar, kenapa setiap wawancara gagal. Kian hari makin akrab dan enjoy juga pas wawancara, walhasil mudah-mudah aja sekarang. Jadi tergantung kita ngemas kalimat dan nunjukin sikap optimis dan percaya diri. Jangan salah, aplikasi lamaran dan cv juga bagian dari marketing. Jadi gue simpulin bahwa marketing is part of our life.

Banyak hal, lah! Selain contoh-contoh diatas. Jadi, gimana? Coba renungkan part mana dihidup temen-temen semua yang gak lepas dari marketing hah? Ayo ngaku! (weh, jadi esmossi)

0 comments:

Post a Comment