//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

28 September 2015

Carpal Tunnel Syndrom

Holla!

Kangen rasanya sama cyber friend dimanapun berada. Sekarang saya mau share soal CTS (Carpal Tunnel Syndrom). Mungkin temen-temen bisa cari tau yang ilmiahnya, gimana cts ini bisa kejadian. ^_^, pasalnya disini saya mau share pengalaman aja.




Kalau kata wikipedia Carpal Tunnel Syndrome, disingkat CTS adalah penyakit di pergelangan tangan karena saraf yang tertekan dan menimbulkan gejala nyeri, mati rasa, dan parestesia (kesemutan atau seperti terbakar). Pada kondisi yang lebih parah, sesuatu yang kita pegang bisa jatuh sendiri. Saraf yang tertekan adalah saraf median yang terentang antara lengan bawah dan telapak tangan di dalam lorong karpal. Nah... jadi saraf yang tertekan otot yang membesar itu dikarenakan terlalu banyak/seringnya gerakan yang kita lakukan. Misal, kebanyakan ngulek, peras cucian, BBMan, ngetik dan sebagainya. Saya juga ngerasanya gitu, karena tempo hari rumah kontrakan yang besar bertingkat 2, jadi rada over bersih-bersihnya.
Bayangin kalau tiap hari nyapu, ngepel, masak, nyupir, cuci baju, belum lagi ngurus batita dan lain-lain. Owyah ples online seharian. 

(Sakit dan kesemutan karena CTS kerasanya disekitar daerah yang berwarna gelap, tangan yang paling aktif)


Sempet ngeri juga karena dari sekian artikel gak sedikit yang menyarankan untuk bedah dan atau pake gelang amega (kalau gak salah) semacam gelang infra red yang diimport dari luar dan harganya SE LA NGIT! oh no! hampir putus asa. Dipikir gak bisa sembuh. Gak mungkin juga dibedah, disamping mahal pastinya bakal timbul masalah baru. Yakni Keloid. Adalagi saran untuk minum herbal kapsul minyak ikan hiu, harganya jangan dikata... mungkin butuh berbotol-botol untuk benerin saraf yang kejepit ini.

Bismillah, akhirnya saya ikhtiyar sendiri. Selain melakukan latihan seperti yang diartikel sarankan, saya juga coba lebih banyak istirahatin. Trus, minum habbatussauda kapsul, minum air putih yang banyak, makanan kaya serat dan makanan yg kandungan gizinya bisa lari ke tu saraf  ^_^.

Terakhir saya juga coba bekam sendiri di 3 titik. Alhamdulillah, gak harus nunggu terlalu lama dengan biaya mahal, CTS itu lama-lama pulang sendiri ke kampungnya. Hehehe... bye-bye CTS sampai tidak jumpa lagi...!

Nah, buat temen-temen semua dari berbagai kalangan cobalah cara saya... Buat yang punya duit banyak juga... gak kudu operasi insya allah...

Buat yang mau tau gimana latihannya coba klik link ini. Beliau juga pernah ngalami hal yang sama.
Nih baru aja ketemu link bagus. Link untuk terapi hijamah/bekam buat yang kena CTS










Permasalahannya sekarang, saat CTS berlalu pergi... datanglah ganglion di pergelangan tangan kiri. Sakitnya beda, tapi penyebabnya sama... postingan soal ganglion nanti dibahas lain kali ya...

Monggo kalau mau ada tanya, dibuka sesi pertanyaannya sampai batas waktu yang tidak ditentukan ^_^ (macam dokter pun saia ni)

NOte: Jangan pernah lebay sama gawean.. ^_^

0 comments:

Post a Comment