//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

28 September 2015

Ganglion

gambarnya dpt nyomot dari google.
Well yaw, ini suatu teguran. Agar saya gak lebay kalau kerja, alias kudu adil sama diri sendiri yang butuh istirahat. Akhirnya... setelah CTS berangsur sembuh, Si Cilik mentik' Ganglion pun datang. dikira keseleo atau benjolan tulang di pergelangan ngegeser.

Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion dan atau lagi disebut uci-uci sama orang Jawa tengah , merupakan kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein. Kista merupakan tumor jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi; namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi. Konsistensi dapat lunak hingga keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan yang mengisi kista sehingga kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang. (http://ka-nia.com/2008/04/g-a-l-i-o-n/)

Sesuai kebiasaan, google pun memberikan banyak saran. Salah satunya dibedah. Dulu sih, sempet ilang sendiri, eh malah datang lagi. Nih dia contohnya, penjelasan lain bisa temen-temen cari di google.

(Kejadiannya kebetulan sama ama gambar diatas)

kalo dibedah kayak gini

nah ini dia tamu gak diundangnya. Mr./Mrs. Ganglion


Nah, sampe sekarang... ganglionnya masih aja nempel. Rencananya mau dibekam lagi. Mudah-mudahan bisa hilang. Meski gak mengganggu dengan ukuran kecil, saya harap si 'doski' berkenan untuk kembali ke kampungnya segera.        



0 comments:

Post a Comment