//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

23 August 2016

Mewujudkan Toko Baju Masa Depan melalui Investasi Reksadana Online



Tidak sedikit orang yang punya impian, tapi, banyak pula yang hanya menjadi pemimpi kosong. Artinya? Yah, bermimpi tanpa usaha. Padahal, seperti kata pepatah banyak jalan menuju Roma. Punya impian, ada usaha pasti ada jalan. 

Saya bercita-cita memiliki sebuah toko baju, tetapi saya belum punya mental apalagi modal. Banyak saran dan pendapat yang datang silih berganti. Rata-rata merekomendasikan pinjaman bank. 

Owh tidak! bukan tidak menghiraukan, justru sudah puluhan kali saya mempertimbangkan kerugian dan keuntungannya. Ditambah mental yang saya miliki masih terlalu kecil untuk berani mengambil pinjaman sebagai modal. 

Yang terpikir oleh saya, bagaimana jika usaha saya bangkrut dijalan? sedangkan modal menumpuk dalam bentuk barang, sementara saya harus mengembalikan uang pinjaman beserta bunganya. Bisa jadi juga saya terkena denda setiap bulan karena menunggak. Seperti yang kita tau, bahwa bisnis tidak selamanya lancar,adakalanya pasang surut datang seperti ombak. 
 
Simulasi Toko Baju Masa Depan. Gbr : Dok.Pribadi
Dana yang saya butuhkan tidak terlalu besar, cukup 5 juta rupiah saja. Saya hanya memerlukan dana untuk membeli barang dagangan, dalam hal ini pakaian. Alat display seperti manekin, hanger, kaca, rak kayu, dan lain-lain. Kursi plastik, meja dan peralatan tulis. Saya sudah memiliki komputer sebagai database dan  lokasi rumah yang strategis plus bangunan sebesar 2x3 meter yang akan saya gunakan untuk berdagang. (Saat ini masih dimanfaatkan sebagai gudang).


Semula saya memilih menabung. Entah, sudah berapa banyak celengan yang saya bongkar, karena kebutuhan mendadak. Menabung di Bank? Owh ya, cara ini tentu saya coba. Tau hasilnya? Dalam beberapa bulan, saldo menyusut akibat ketagihan belanja online, tarik sana tarik sini ketika jalan-jalan dan lain-lain. Akhirnya? mimpi demi mimpi tinggallah kenangan. Sejak itu, usaha menggapai impian dengan menabung saya nyatakan GAGAL TOTAL.

Tidak kehabisan cara, masih ada investasi yang menjanjikan lain. Apa itu? Tentunya Reksadana.

Bicara soal reksadana, masih banyak yang bertanya-tanya mengenai fungsi dan tata caranya. Belum lagi berbagai istilah lain yang terdengar asing. Nah,... disini saya akan coba sedikit membahas mengenai apa dan bagaimana berinvestasi reksadana.

Reksadana sendiri berfungsi sebagai wadah untuk menghimpun dana dari pemodal, dalam hal ini masyarakat untuk kemudian diinvestasikan kedalam portofolio efek, bisa berupa saham, obligasi, pasar uang atau campuran dari antaranya.

Agar tidak salah pilih, sebagai bahan pertimbangan pemodal, reksadana menyediakan 4 pilihan jenis investasi. Diantaranya :


Kenapa harus reksadana? Reksadana memberikan kemudahan bagi kita dalam berinvestasi dan tak membutuhkan modal puluhan juta. Bayangkan, hanya dengan Rp. 100.000 kamu bisa mulai berinvestasi. Dengan modal relatif kecil, kamu bisa mendapat akses layanan profesional manajer investasi. 

Dengan memilih produk yang sesuai dengan jangka waktu investasi, asumsi tingkat pertumbuhan tertentu, disertai evaluasi secara reguler untuk mengamati perkembangannya, reksadana memang bisa kita jadikan andalan untuk #WujudkanImpianmu dan saya tentunya.

Gbr. dari Google, edited by sekenhom

Lalu, apa sih Manajer Investasi itu?

Namanya juga Manajer, tugasnya mengatur dan mengelola. Dalam hal ini manajer investasi adalah perusahaan yang diberi wewenang untuk mengelola aset/dana dari investor. Untuk itu, sebelum memulai investasi reksadana, kamu perlu melihat jejak rekam dan reputasi dari manajer investasi. Semisal, tingkat likuiditas yang tinggi, alias kemampuan perusahaan untuk membayar semua kewajiban atau hutang.

 

Dari sekian banyak manajer investasi, PT. Manulife Asset Manajemen (MAMI) adalah manajer investasi terbesar dalam industri reksadana dan pengelolaan dana. MAMI yang berpengalaman sejak 1996, telah mendulang banyak sekali penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. MAMI sendiri terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan loh!  Sebagai contoh produk reksadana, MAMI menawarkan Manulife Syariah Sektoral Amanah, yakni Reksadana saham dengan pengelolaan berbasis prinsip-prinsip Syariah. Kedua adalah Manulife Dana Stabil Berimbang yakni Reksadana campuran dengan bobot obligasi lebih besar dari saham. Kedua produk MAMI ini sangat terjangkau oleh calon investor terutama mahasiswa karena dengan minimum pembelian pertama dan berikutnya sebesar Rp.100.000,- kamu sudah bisa mulai berinvestasi.

 

Tersedianya reksadana online saat ini, memungkinkan kita melakukan investasi online dimana saja dan kapan saja. Kita tidak perlu mendatangi Manajer Investasi atau agen penjual Reksadana seperti bank dan sekuritas, datang mengisi form dan data-data yang diperlukan. Disini kita hanya perlu sebuah komputer atau gadget dengan koneksi internet. Apalagi seperti saya, ibu dengan 2 balita. Bagaimana tidak? Sambil memasak, menyusui atau menemani anak belajar dan bermain kita bisa melakukan pembelian, penjualan kembali reksadana dan transaksi lainnya.
 
Screenshot Homepage POEMS ProFunds

Untuk bisa berinvestasi reksadana secara online, kita memerlukan sebuah platform. Dalam istilah teknologi informasi platform adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda. Dari segi keunggulan, platform  POEMS ProFunds jagonya. diantara keunggulannya adalah :

  • Sistem terintegrasi dengan POEMS sehingga dengan platform yang sama dapat digunakan untuk bertransaksi saham.
  • Memudahkan nasabah untuk memaksimalkan pendapatan dari dana yang mengendap ketika tidak dipergunakan untuk membeli saham.
  • Menggunakan Rekening Dana Investor (RDI) sebagai rekening pembayaran sehingga lebih aman dan transparan.
  • Biaya Pembelian (subscription fee) yang rendah sekali.
  • Menampilkan berbagai pilihan Reksadana dari perusahaan asset manajemen terkemuka yang dapat dibeli.
  • Menampilkan informasi kinerja dan prospektus dari setiap Reksadana-Reksadana pilihan secara online dakam satu platform sehingga lebih efektif dan efisien.
  • Pembelian (Subscription) dan Penjualan (Redemption) dilakukan secara Online, sehingga menghemat biaya dan waktu.
  • Memudahkan dalam memantau kinerja Reksadana yang dimiliki untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan.
ilustrasi by sekenhom. sumber gbr : phillip.co.id

POEMS ProFunds adalah platform investasi saham reksadana online milik Phillips Securities Indonesia yang memberikan akses ke berbagai jenis reksadana berkualitas seperti yang ditawarkan oleh Manulife Asset Manajemen Indonesia (MAMI). Banyak sekali alasan mengapa POEMS ProFunds ini menjadi pilihan. Salah satunya adalah Biaya yang diterapkan dalam transaksi jual beli unit reksadana relatif rendah, mulai dari 0%*. Investasi online pada POEMS ProFunds memberikan keunggulan, kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi para nasabahnya.

POEMS ProFunds menghadirkan fitur SmartPlan. Pada fitur ini sistem akan melakukan pendebetan otomatis pada Rekening Dana Investor (RDI) setiap bulan sesuai tanggal dan jumlah yang telah ditentukan untuk pembelian reksadana. Program SmartPlan dari Phillip Securities Indonesia membantu mewujudkan impian setiap orang melalui berinvestasi reksadana secara teratur dan mudah.

Sesuai dengan perkembangan teknologi, kini POEMS ProFunds dapat diakses oleh beberapa perangkat, diantaranya adalah :



1. POEMS fitur berbasis web
Dari keunggulan tekhnologi POEMS ProFunds kamu bisa melakukan perdagangan saham secara online menggunakan browser internet tanpa harus men-download aplikasi apapun. Phillip Online Elektronik Mart System (POEMS) berbasis web-diakses menggunakan browser internet untuk sistem operasi Windows® dan Macintosh.

POEMS fitur berbasis web termasuk:
         -Harga saham hidup
         -SmartSAFE - Sebuah fitur yang membantu investor membatasi kerugian dan melindungi Keuntungan.
        - Perdagangan canggih
         -Charts saham
        - Penelitian
        - Stock Screener
        - Manajemen akun
         -Shortcut keyboard untuk membeli dan menjual sekuritas



2.  POEMS mobile
POEMS Mobile memungkinkan Kamu menempatkan perdagangan baru, memantau portofolio kamu, dan tetap terhubung dengan pasar di mana saja Kamu berada kapan saja.

Fitur POEMS Mobile termasuk:
         -Harga saham hidup
        - SmartSAFE - Sebuah fitur yang membantu investor membatasi kerugian dan melindungi Keuntungan.
        - menjalankan Trades
        - Watch List - Hingga 5 daftar menonton.
        - Charts saham
         -Penelitian
        - Nyata Status Waktu Order
         -Manajemen akun
        - Internet Security: POEMS-enkripsi SSL teknologi enkripsi 128-bit

POEMS Mobile tersedia pada perangkat mobile populer.
Kamu dapat men-download POEMS dari Google Play Store, Apple App Store, dan Blackberry App World.



3. POEMS desktop
Saham perdagangan online menggunakan platform trading yang diinstal pada komputer.
POEMS ProTrader menawarkan kekayaan fitur dalam perdagangan saham online. Dari kedalaman pasar untuk status order saham kamu, POEMS ProTrader menyediakan alat yang kuat yang membantu kamu perdagangan dan memantau pasar.

Fitur POEMS ProTrader meliputi:
         -Harga saham hidup
         -SmartSAFE - Sebuah fitur yang membantu investor membatasi kerugian dan melindungi keuntungan.
         -Multiple Access Jendela
         -Trades Menjalankan Multi-penyaring
         -Charts saham
         -Penelitian
         -Nyata Status Waktu Orde
         -Stock Screener
         -Manajemen akun
         -ruang kerja disesuaikan dan tema
         -shortcut keyboard untuk membeli dan menjual sekuritas dan masih banyak lagi…

POEMS ProTrader dapat diinstal pada sistem operasi Windows®.
Download (32 bit / 64 bit) dan menginstal POEMS ProTrader.



Dari bagan diatas, saya mencoba membuat perhitungan. Dengan investasi reksadana Manulife Syariah Sektoral Amanah awal dan selanjutnya Rp. 150.000. Jika saya berinvestasi selama 3 tahun di Manulife Syariah Sektoral Amanah maka dalam kurun waktu 3 tahun, maka total investasi saya bisa mencapai Rp. 6.707.340 dengan keuntungan Rp. 1.307.340. 

Sebagai catatan bahwa, dengan total investasi + return (keuntungan) maka anggaran untuk membuka toko bisa terpenuhi.

Loh, kenapa harus 3 tahun, bukannya itu terlalu lama?

Ops, ini pilihan saya dengan berbagai pertimbangan. Memulai usaha toko 3 tahun kemudian bukanlah hal yang terlambat, toh, saat ini saya juga sedang melakukan usaha freelance baik secara offline dan online, yang kemudian hasil bersihnya saya investasikan setiap bulan.

3 tahun kedepan pula adalah waktunya anak pertama saya masuk sekolah dan sikecil berusia 4 tahun. Tentu, diusia itu mereka sudah bisa lebih mandiri. Disinilah, saya mulai memiliki waktu lebih luang mengelola sebuah toko. Dan dalam waktu 3 tahun sambil menunggu masa investasi berakhir, saya juga bisa belajar bagaimana berdagang dan mencari banyak informasi tentang produsen atau supplier berkualitas dengan harga terjangkau.
Bukanlah sebuah impian belaka jika kamu mau berusaha dan berdoa. Akhir kata, itulah cara saya mewujudkan impian memiliki toko baju masa depan melalui Investasi Reksadana Online. Ayo #WujudkanImpianmu mulai dari sekarang!



5 comments:

  1. Moga sukses ya toko bajunya dengan dukungan investasi reksadana Philip

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mas amir, menabung sikit-sikit lama-lama jd bukit.

      Delete
  2. Halo, nama saya Nona. Utari wirmayaty, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk memastikan mereka berlaku untuk perusahaan yang sah, agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Saya menempuh jalur pinjaman tahun lalu dari bank tapi tidak ada hasil yang positif. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman disebut gloryloanfirm sangat handal, mereka meminjamkan tahun baru pinjaman tanpa jaminan jumlah 350 juta dalam waktu kurang dari 12 jam tanpa stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji Ibu saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: utariwirmayaty@gmail.com

    uang tidak mudah untuk datang oleh hari ini, tapi kesempatan sedikit Anda miliki, Anda harus menghemat itu. Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete