//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

16 June 2012

ACER

Sekeranjang Sampah  dari Redaktur ACER

Sabtu ini, tanggal 16 Juni 2012, seusai kajian, ditengah-tengah halodonya cuaca. Berkumpullah beberapa perempuan cantik yang akhir-akhir lagi suka ‘ngotorin’ kerta n ngabisin tinta atawa listrik kali yeh kalo pake komputer...  Yang sama-sama punya cita-cita untuk jadi penulis Tenar, Handal, Bermutu, Bermanfaat bagi Agama, Keluarga, sanak saudara, kerabat, teman, nusa bangsa dan... Ahk... kepanjangan!!  >_< ! 
Apalah itu, yang jelas. Masing-masing idenya udah hampir pecah, buncah, meledak, meronta-meronta mau keluar dari otak. Jadi, dibuatlah kelompok bermain, eh salah! Maksutnya sebuah grup nulis dimana dan bagaimana ceritanya begini. ^^. 

Oia, gue selaku orang yang ditunjuk sebagai Operator (plis deh secara!!) Redaktur aja yach! ^_^ maksabanget.net.  Yah sebut aja gitu, menamai acara ini sebagai ACER (Arisan Cerpen) Episode 1. Dimana, cerpen ini dibuat secara patungan, berantai, disambung-sambung ama peserta yang terdiri dari 7 orang. Dan setelah di pikir-pikir, ditimbang-timbang dan diayun-ayun, muncullah beberapa tema.

Acer BT, sebagai sarana belajar menulis. Mengasah para pesertanya untuk belajar mengembangkan ide-ide, sebagai tahap awal. (hehe... mulai eucreug bahasa gue :P) Mengetahui, seberapa besar imaginasi peserta dalam menulis fiksi. Untuk kemudian, setelah alias berikutnya, sama-sama belajar, gimana sih... EYD nye yang wokeh...  Atau lebih lebaynya adalah, kemungkinan untuk membuat buku sebagai hasil kerja keras bersama. (gak lebih keras dari gigit stang motor khann ..? hihi... ^^) 

Begituh ceritanyah... oke, sekarang masuk ke kerangka yang udah dibuat dan disepakati secara sepihak, (Sori Doly dan Rima dikau dikau terpaksa manut bae yah) :
ACER (ARISAN CERPEN) Episode 1.

Peraturan:
1.     Acer adalah Arisan Cerpen yang temanya ditentukan. Masing-masing peserta mendapat giliran untuk menyambung cerita tersebut.
2.     Nomor giliran ditentukan dengan cara di undi.
3.     Masing-masing peserta punya waktu 3 hari untuk membuat sambungan cerita sejak terbitnya posting   
        cerpen yang diterbitkan oleh Operator, eh redaktur!
4.     Tiap peserta wajib memposting sambungan cerpen sebelum dateline (tanggal posting).  Jika ada 
        keterlambatan atau tidak memposting maka, sebagai Punishment, peserta  tersebut harus membelikan 
        beng-beng sebanyak 1 buah atau lebih (more afdol) ke peserta lain.
5.     Cerpen ditulis minimal 1 halaman A4 dengan pengaturan sbg :
        Font:  Times New Roman, Spasi : 1.5 Indent: Normal.
6.     Untuk tema ACER Episode 1 adalah LOWBAT (hasil undi dari beberapa tema yang diusulkan kawan-kawan. 
        Tapi yang ini serius gak banget buat gue! Dasar RINIII!!! T_T” )
7.     Cerpen dikirim ke email ke meja redaktur: winsufmaulana@yahoo.com
8.     Cerpen akan di posting di blog windi dengan alamat : sekenhom.web.id
9.     Setiap peserta, diwajibkan membuat profile masing-masing dalam bentuk cerita, untuk  identitas  
        penulis dan akan ditulis dibawah postingannya. Contoh :

“Penulis yang memiliki nama pena Windflower ini, rupanya cantik dan manis. Lahir di tanah betawi kurang lebih 28 tahun silam (maunya sih 17). Meski banyak hobinya yang berhubungan dengan bidang seni,salah satunya makan , tapi tidak meruntuhkan cita-citanya untuk bisa jadi penulis yang baik dan suka menabung. Telah menerbitkan 4 buku, diantaranya adalah antologi puisi bersama, dengan tema Bogor Kasohor bersama Group Persahabatan Menulis. Kini, penulis yang akrab dipanggil Windi ini sedang merampungkan novel ke-2 yang rencananya akan dipublish dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. “

  Berikut Peserta  ACER  EPISODE 1
No
Nama Peserta
Urutan
Tanggal Posting
1
Rini Apriani
1
Senin
18 Juni 2012
2
Windi Hastuti
2
Rabu
20 Juni 2012
3
Herriyati Bastari
3
Sabtu
23 Juni 2012
4
Sisi Marisa
4
Selasa
26 Juni 2012
5
Ismayani
5
Jum’at
29 Juni 2012
6
Dolyna
6
Senin
2 Juli 2012
7
Rima
7
Kamis
5 Juli 2012

  Tambahan Peserta :
No
Nama Peserta
Urutan
Tanggal Posting
8
Endrik S
8
Ahad
8 Juli 2012
9
Erni
9
Rabu
11Juli 2012

Dengan mengucap basmalah, Bismillaahirrahmaanirrahim, akhirnya ACER  EPISODE  1  resmi dibuka (TOK TOK TOK !!!) ketuk palu 3 kali. Dengan harapan kedepannya, mudah-mudahan, buku karya putra putri BT bisa terbit dan bermanfaat. Aamiin.. 

Note: Buat kawan-kawan yang namanya tidak tersebut dalam peserta dan mau ikutan, mangga ikutan di ACER BT EPISODE KE-2, atau bisa ikutan nyambung yang pertama juga gpp ^_^ (plin plan banget yah gua??) okelah kalau begitu, selamat berpikir!!!! Wassalam!

0 comments:

Post a Comment