//Recent Comments Settings var numComments = 5; var characters = 60;

17 August 2010

MERDEKA !!! --> ???

[gallery orderby="rand"]

Sekarang tanggal 17 Agustus 2010. Bener yah udah merdeka? Lalu… gimana dengan kasus-kasus korupsinya? Teroris? Um… kemiskinan? Ancaman putus sekolah? Um.. owkey ternyata ada yang tunjuk tangan mau jawab. Katanya,
“merdeka yang satu ini beda, merdeka disini adalah bebasnya kita dari penjajah seperti Portugis, Jepang atau lainnya pada waktu jaman DULU” Ada pertanyaan lagi, lalu hakikat merdeka itu sendiri apa?

Menurut gue, yang namanya merdeka itu berarti bebas dari rasa takut, kekangan dan semacam itu hingga kita juga bebas proklamirkan diri bahwa kita merdeka. Yang namanya takut pas waktu di jajah dulu itu pasti. Takut kehilangan sanak saudara, harta benda atau kedaulatan negara itu sendiri. Jangankan yang ikut perang yang gak ikut juga takutnya minta ampun. (ngebayangin jaman dulu) yah, bisa ditanyalah ma para saksi sejarah yang masih hidup. Lalu pertanyaannya sekarang, apa sekarang gak takut kalau Negara ini tiba-tiba jatuh gara-gara korupsi? Misal, jika semua diambil alih sama pihak asing karena gak mampu bayar utang, apa gak takut kalau putus sekolah? Atau kalau ada teroris yang tiba-tiba nge bom suatu wilayah dan kebetulan anggota atau teman kita ada disitu?

Jadi gue pikir, kita BELUM MERDEKA. Kita masih proses untuk mencapai kemerdekaan itu. Dan rasanya gak ada yang bener-bener merdeka. Kalau Cuma secara tertulis, dan diakui bahwa Negara kita sudah merdeka dimata asing mungkin boleh jadi. Karena bangsa lain hanya liat dari luar aja. Berarti… MERDEKA nya baru sampai batas pengakuan dong? Hm… istilah kata, kudunya kita merdeka lahir batin jadi… merdeka jika dilihat dari luar dan ditelusuri kedalam.

SELAMAT HARI KEMERDEKAAN UNTUK


NEGARA REPUBLIK INDONESIA


(?????)

0 comments:

Post a Comment